NEWS
DETAILS
Kamis, 09 Nov 2023 13:03 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan kawan.....Tune up motor ini  adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengembalikan performa motor ke performa standar.  Tune up penting dilakukan terlebih untuk motor  yang digunakan setiap hari. 

Tune-up  sendiri berbeda dengan servis pada umumya. Jika  pada servis hanya mengganti oli ataupun memperbaiki bagian motor tertentu, maka tune-up berbeda. Namun, keduanya memiliki tujuan  sama yaitu, menjadikan kendaraan lebih nyaman dan awet. So, apa sih yang dimaksud ‘tune up’ secara jelasnya?

Mengembalikan Performa Motor

Secara garis besar, tune up merupakan salah satu perawatan motor, yang artinya menstandarisasi kondisi motor menjadi seperti baru keluar dari dealer, sehingga performanya menjanjikan kenyamanan dan akselerasi yang bertenaga.

Perawatan ini penting, lantaran penggunaan motor yang dipakai setiap hari dapat menyebabkan beberapa perubahan. Nah, perubahan tersebutlah yang sebaiknya dikembalikan ke performa standar awal agar kualitas motor gak turun terus menerus, khususnya pada komponen mesin dan filter udara yang sudah lama gak melakukan tune-up.

Perwatan ini juga meliputi pembersihan area ruang bakar khususnya carbon chamber dengan teknik gurah, jalur injektor, throttle body dari kotoran hasil pembakaran, sehingga area pembakaran bersih, otomatis motor sehat, lebih nyaman dan enak dikendarai. Wah beda ya, dengan servis pada umumnya?

Tiga Sektor tune-up

Terdapat tiga sektor yang harus diperhatikan pada saat tune up. Pertama, sektor mesin yaitu, mengecek kualitas dari oli, busi, dan melakukan pemeriksaan filter udara. Kemudian, kamu perlu memeriksa filter bensin dan karburator. Pada motor injeksi, kamu perlu melakukan pembersihan injektor dan penyetelan katup.

Kedua, ada sektor chasis, di sini kamu harus mengecek kemudi motor dan menyetel rantai roda.Selanjutnya , periksa  ban dan velg serta cek kampas rem. Jangan lupa, lakukan juga  pemeriksaan pada volume minyak rem, oli gardan dan roller untuk skutik.

Ketiga, sektor transmisi, pada bagian ini kamu diwajibkan untuk memeriksa tegangan aki dan tegangan pengisian motor. Gak hanya itu, rangkaian pengapian motor, serta lampu dan klakson juga perlu diperiksa.

 Waktu yang Pas Untuk Tune up

Melakukan tune up perlu dilakukan  secara khusus  dan tepat, agar hasilnya lebih maksimal. Biasanya,  waktu yang tepat untuk melakukan perawatan tersebut dalam kurun waktu 3 bulan sekali atau setiap motor  mencapai interval 2.000 km.

Sedangkan, penggunaan kecepatan lambat dan jarang, tune up  dilakukan ketika interval berada pada angka 3.000- 4.000 km. Tidak bergantung pada jarak tempuh. Tune up motor  juga bisa langsung dilakukan bila tenaga mesin dirasa berkurang atau mesin  megalami brebet, konsumsi BBM dirasa boros bahkan keluar asap hitam dari knalpot, dan motor yang susah hidup ketika hendak dipanaskan pada pagi hari.

Manfaat tune up 

Ada dua hal manfaat tune up. Pertama mesin motor lebih bertenaga. Kedua pengguna merasa lebih nyaman ketika berkendara.

Nah, jika sudah ketahuan  manfaat  dari tune up,  ada baiknya,  minta tenaga ahli untuk menanganinya. Karena itu bisa kunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service

RELATED
NEWS