NEWS
DETAILS
Jumat, 17 Nov 2023 21:19 - Honda Community Jawa Timur

Velg motor meruapakan salah satu bagian penting dalam keselamatan pengendara motor. Velg motor yang penyok bisa membuat pengendara motor atau pengendara lain dalam bahaya terutama pada saat kecepatan tinggi.

Sayangnya komponen pelek motor ini rawan mengalami kerusakan karena sering menerima tekanan yang besar dan masih banyak penyebab velg penyok lainnya.

Penyebab Velg Motor Bisa Penyok

Velg motor penyok bisa terjadi karena beberapa alasan. Salah satunya adalah benturan atau tabrakan dengan benda keras seperti lubang jalan, trotoar, atau batu besar. Ketika motor melaju dengan kecepatan tinggi, benturan tersebut bisa menyebabkan velg menjadi penyok. 

Selain itu, kesalahan saat parkir motor juga bisa menjadi penyebab velg penyok. Jika motor diparkir dengan kurang hati-hati dan terjatuh, velg bisa mengalami kerusakan dan penyok.

Selain itu, penggunaan velg yang sudah aus atau tidak kuat juga bisa menyebabkan velg motor menjadi penyok. Velg yang sudah lemah atau rusak akan lebih rentan terhadap benturan dan bisa dengan mudah penyok.

Baca Juga: Tips Cepat Cara Menyalakan Mesin Motor Yang Mati Mendadak

Cara Memperbaiki Velg Motor Penyok

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi velg motor yang penyok., Berikut caranya:

Untuk velg racing, beberapa pendapat menyatakan apabila sudah bengkok maka akan sulit untuk diperbaiki. Bahkan tidak bisa digunakan lagi. Untuk kasus ini maka Anda harus ganti velg baru. 

Jika ingin lebih irit, cara kedua yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan jasa press velg terpercaya.

Baca Juga: Motor Listrik Honda Terbaru Dengan Spesifikasi Terbaik

Cara terbaik untuk memperbaiki velg motor yang penyok adalah hindari untuk menyerahkan velg Anda kepada jasa press yang menggunakan teknik dipanaskan sebagai proses pengerjaan. Karena velg bisa bengkok saat press yang kedua kali, bahkan bisa pecah.

Untuk mencegah velg motor penyok dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang sederhana.

Pertama, pastikan bahwa tekanan udara dalam ban motor selalu sesuai dengan rekomendasi pabrik. Tekanan udara yang terlalu rendah dapat menyebabkan velg menjadi lebih rentan terhadap benturan dan penyok. Selalu periksa tekanan udara secara teratur dan tambahkan jika diperlukan.

Kedua, pastikan juga bahwa velg motor tidak terkena beban berlebihan. Hindari mengangkut barang yang melebihi kapasitas maksimal yang ditentukan oleh produsen. Beban yang terlalu berat dapat menyebabkan velg menjadi bengkok atau penyok. Selalu perhatikan kapasitas beban yang dianjurkan dan jangan melebihi batasnya.

Selain itu, perawatan agar velg tidak cepat rusak, Anda harus tetap melakukan perawatan rutin. Seperti membilas setelah terguyur air hujan agar velg tidak berkarat.

Baca Juga: Awas! Ini Penyebab Motor Oleng Saat Menikung di Jalan

Selanjutnya Anda harus membersihkan velg dari debu minimal seminggu sekali agar velg tidak mudah berkarat.

Jika terlanjut timbul karat, Anda bisa menggunakan air soda atautanah pasir untuk menghilangkan karat dengan cara menggosok area yang berkarat sampai hilang. 

Mulai dari penyebab, cara memperbaiki velg motor yang penyok hingga tips perawatan. Rawatlah kendaraan Anda agar lebih awet.

 

 
 
RELATED
NEWS