NEWS
DETAILS
Selasa, 23 Apr 2024 12:00 - Asosiasi Honda Jakarta

CVT (Continously Variable Transmission)  pada motor matic, memiliki fungsi menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk menjalankan roda belakang dan mendorong motor matic untuk berjalan. 

CVT  merupakan salah satu bagian inti dari motor matic, karena jika terdapat komponen pada CVT yang tidak berfungsi dengan baik akan membuat performa motor tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Bagian CVT ini perlu dilakukan service secara rutin berkala untuk menghindari terjadinya kerusakan maupun performa yang tidak maksimal pada motor matic.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis CVT pada motor matic? Jawabnya, sebaiknya disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrik. 

Sebagian besar produsen motor memberikan saran untuk melakukan servis CVT antara jarak tempuh 5.000-10.000 km.  

Namun, ada juga produsen yang menyarankan servis CVT secara berkala setiap 3 bulan atau lebih. 

Selain rekomendasi dari produsen, pemilik kendaraan perlu selalu memperhatikan tanda bahwa motor matic  memang  sudah membutuhkan servis antara lain 

1. CVT berisik saat bergerak 

Jika muncul suara dari bagian CVT ketika Anda sedang berkendara, ini bisa menjadi tanda bahwa komponen CVT perlu diservis.

2. Perubahan kinerja mesin

Jika mesin motor Anda tidak lagi responsif, seperti lambat merespons ketika menekan gas, maka ini bisa menjadi tanda bahwa CVT membutuhkan perhatian lebih dan mungkin perlu servis

3. Berat saat dikendarai. 

Jika merasa bahwa motor matic Anda terasa lebih berat saat jalan, ini bisa menjadi tanda bahwa CVT sudah mulai susah berfungsi dan perlu diservis. 

4. Bahan bakar lebih boros. 

Jika konsumsi bahan bakar Anda tiba-tiba meningkat, ini bisa menjadi tanda bahwa CVT membutuhkan perhatian lebih dan mungkin memerlukan servis. 

Jika motor mengalami salah satu atau beberapa tanda di atas, segera bawa motor Anda ke bengkel resmi atau tempat servis yang terpercaya untuk diperiksa dan diservis. 

Selain itu, pastikan proses servis CVT dilakukan oleh teknisi berpengalaman dan terpercaya,  guna menjaga performa optimal dari motor matic.  

Jadwalkan perawatan langsung  ke bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.*

RELATED
NEWS