NEWS
DETAILS
Senin, 04 Jul 2022 10:33 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel - Catat nih Brosis, cara menyalip kendaraan yang benar, karena salah-salah malah bisa celaka. Pasti ada kalanya Brosis gatel ingin menyalip kendaraan didepan saat sedang touring maupun riding biasa

Tapi haris Brosis ketahui, menyalip kendaraan lain bukan sekedar tarik gas kencang aja brosis. Ada cara yang aman untuk menyalip kendaraan lain saat berada di jalan raya, seperti yang dikatakan oleh Kadir, Safety Riding Instructor Astra Motor Makassar.

“Menyalip kendaraan boleh saja asal caranya benar, seperti harus pastikan kondisi bagian depan kendaraan yang akan disalip itu tidak ada kendaraan lain.”

Selain itu harus Brosis pastikan motor dalam kondisi yang prima sebelum menyalip kendaraan lain.

“Kemudian pastikan motor juga mampu melakukan akselerasi untuk menyalip kendaraan didepan,” uap Kadir.

Dan jangan lupa memberikan tanda sebelum menyalip kendaraan lain, seperti klakson dan lampu sein.

Kemudian jangan pernah menyalip pada kondisi tanjakan, tikungan dan turunan, karena ada beberapa titik buta atau blind spot yang menyebabkan Brosis tidak dapat melihat kondisi di depan kendaraan yang akan disalip. 

“Jangan menyalip kendaraan dari sebelah kiri, karena dapat berakibat fatal apabila kendaraan yang didepan tiba-tiba ingin menepi,” lanjut Kadir.

Terakhir, ketika Brosis ingin menyalip kendaraan, pastikan marka jalan raya putus-putus, yang artinya pengendara diperbolehkan untuk mengambil jalur sebelah kanan untuk mendahului kendaraan didepan.

RELATED
NEWS