NEWS
DETAILS
Kamis, 09 Feb 2023 09:15 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel - Kalau Brosis selama ini cuman tahu PGM-FI, sekarang kalian kudu kenalan ama teknologi keren PGM-DSFI. Sistem ini bisa kalian temui di salah satu motor dengan kasta tertinggi keluaran Honda, yakni CBR1000RR SP yang baru aja masuk ke Indonesia tahun ini.

PGM-DSFI adalah singkatan dari Programmed Dual Sequential Fuel Injection. Perbedaan sistem injeksi PGM-DSFI ini yaitu pake injector 2 unit di tiap silindernya. Karena CBR1000RR SP punya empat silindir, jadi total ada 8 injektor yang terbenam.

Kenapa butuh segitu banyak? Tujuannya, biar tarikan dan tenaganya tetap maksimal pas putaran bawah maupun atas. Apalagi kalau disuruh ngeladeni mesin 999,8cc, 4 silinder inline 16 katup berpendingin cairan yang dipakai CBR1000RR SP.

Di atas kertas, motor yang hadir dengan tagline ”The Champion Instinct” ini diklaim bisa ngasilin sampe 133 kw/12,250 rpm dan torsi maksimum 144 Nm / 10,500 rpm. Kayaknya Honda ngerti banget kalo Brosis nggak mau rugi udah ngeluarin duit banyak plus dapetin motor kapasitas mesin gede, tapi gak bisa diajak gila-gilaan.

PGM-DSFI ini dikendalikan secara akurat oleh ECM dan diklaim memenuhi emisi gas buang sesuai standar EPA dan hanya diterapkan di model super sport. Jadi, nggak cuman bisa diajak ngebut doang, tapi juga sudah termasuk kategori ramah lingkungan bro.

RELATED
NEWS