NEWS
DETAILS
Sabtu, 18 Apr 2020 12:06 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Bagi kawan-kawan yang suka touring baik jarak jauh maupun dekat, pasti pernah ngerasa bahwa perjalanan pulang terasa lebih cepat dan singkat dibanding saat perjalanan pergi padahal masih berada di belahan bumi yang sama dengan zona waktu yang sama pula.

Ternyata Fenomena perjalanan pulang terasa lebih cepat dibanding perjalanan pergi ini memiliki alasan ilmiah loh! sebuah penelitian menemukan penyebab serta alasan logis-nya. Mereka pun menyebut fenomena ini sebagai return trip effect.

Perjalanan pergi atau berangkat yang terasa lebih lama, ternyata merupakan efek dari cara kerja otak kita. Saat perjalanan pergi, otak kita cenderung lebih fokus, sehingga persepsi otak terhadap waktu pun menjadi lebih lama.

Sedangkan saat perjalanan pulang, terlebih jika kita melewati jalan yang sama, maka otak kita akan merasa lebih familiar dengan kondisi jalanan yang ditempuh. Dengan begitu, otak kita tidak akan terlalu fokus yang berimbas pada persepsi otak terhadap waktu menjadi lebih singkat.

Oleh karena itu, fenomena return trip effect ini lebih sering terjadi pada orang-orang yang bepergian ke tempat baru dibanding ke tempat-tempat yang biasa dilalui setiap harinya.

RELATED
NEWS