NEWS
DETAILS
Rabu, 06 Oct 2021 06:16 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Bensin merupakan  hal yang mutlak dibutuhkan oleh motor. Sebuah motor tidak akan berfungsi tanpa adanya bahan bakar di dalamnya.  Oleh sebab itu sebelum berkendara pastikan motormu terisi bensin secara cukup. 

Tapi adakalanya kita lupa untuk mengisi bahan bakar motor kita. Entah karena kita terlalu asik dengan rutinitas yang kita jalani, atau karena uang di dompet telah habis sehingga mau tak mau tangki motor yang harus ditumbalkan. 

Sayangnya jarang dari kalian yang tau kalau sebenarnya membiarkan motormu kehabisan bahan bakar bisa berakibat fatal untuk kendaraan kalian. Ada beberapa hal yang bisa muncul dari membiarkan tangki motormu kering. Beberapa hal di bawah ini akan membuatmu paham. 

Tangki akan berkarat

Membiarkan tangki motormu tanpa bahan bakar merupakan kebiasaan yang kurang baik. Pasalnya, tangki yang jarang diisi bahan bakar secara penuh akan gampang karatan. Karena di kandungan bahan bakar tersebut juga ada uap air di dalamnya. Sehingga ketika kering, tangki yang notabene adalah besi ini berpeluang untuk berkarat. Setidaknya usahakan tangki motormu terendam dengan bahan bakar yang cukup. 

Muncul kotoran yang mengendap

Ketika tangkinya sudah berkarat, kotorannya pasti akan menumpuk dan mengendap diantara bahan bakarmu. Oleh karena itu, biasanya ketika motor sudah lama tidak dipakai, tangkinya harus dikuras dulu. Supaya kualitas bahan bakar yang ada nantinya tidak terganggu oleh kotoran yang muncul dari karat tersebut. 

Kerusakan Fuel Pump 

Karena tangki yang berkarat dan kotor tadi itu, fuel pump dari sepeda motormu bisa jadi imbasnya. Sekedar informasi buat kamu, fuel pump ini berfungsi sebagai pengatur distribusi dari tangki ke mesin. Tentunya jika fuel pump terus ditumpuki oleh kotoran, lama – lama dia bisa rusak sehingga aliran bahan bakar menjadi terganggu.

RELATED
NEWS