NEWS
DETAILS
Minggu, 05 Feb 2023 17:44 - Ikatan Motor Honda Makassar

Asmo Sulsel - Dalam beraktivitas harian terkadang kita menggunakan kendaraan sebagai penunjang mobiilitas keseharian baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Dalam ulasan kali ini kita akan membahas tentang safety riding standart yang dibutuhkan dalam berkendaran roda dua atau motor dijalan atau pun touring, karena sebelum mengendarai motor sebaiknya disertai persiapan ekstra untuk meminimalisir resiko saat berkendara, pasalnya mengendarai motor alias riding memiliki risiko lebih besar dalam kecelakaan dibandingkan jika kita menggunakan mobil. Untuk itu perlengkapan berkendara jadi hal wajib kita gunakan saat berkendara agar dapat meminimalisir risiko yang mungkin akan terjadi, Lalu perangkat safety riding apa saja yang harus dipakai oleh sahabat biker sebelum berkendara ?

Yuk kita simak ulasannya. Setidaknya ada 6 item standart wajib untuk perangkat safety riding baik sehari – hari atau pun untuk Touring

  1. Helm

    Helm jadi salah satu perangkat wajib untuk bikers dan pengguna motor, baik saat riding jarak dekat maupun jarah jauh, dijalan raya atau pun trabas jalur berlumpur, pemilihan helm yang baik dan sesuai dengan ukuran kepala sehingga nyaman saat digunakan hingga keselamatan diri juga lebih terjaga terutama pada bagian kepala. Jangan lupa pastikan juga helm sudah Standar Nasional Indonesia (SNI).

  2. Jaket

    Jaket berfungsi untuk melindungi tubuh dari terpaan angin dan sengatan panas matahari saat berkendara di jalan. Selain itu, jaket juga berfungsi untuk melindungi dari luka gesekan jika terjadi kecelakaan, untuk itu sangat disarankan menggunakan jaket yang tahan akan terpaan angin dan berbahan ringan serta kuat.

  3. Celana Panjang

    Menggunakan celana panjang dengan bahan tebal dan kuat bisa melindungi kaki dari luka akibat kecelakaan, saat ini telah banyak tersedia celana panjang yang telah dilengkapi dengan protector dan khusus dibuat untuk riding.

  4. Sepatu

    Sepatu jadi salah satu riding gear yang penting untuk melindungi tubuh bagian kaki. Hindari berkendara dengan menggunakan sandal, selain itu sandal juga tidak melindungi kaki dari panas matahari. Sangat di anjurkan untuk memilih sepatu yang menutupi mata kaki, seperti halnya celana panjang, sepatu yang dikhususkan untuk riding juga telah banyak diperjual belikan secara umum, sehingga masyarakat lebih mudah dalam memilih sesuai selera masing – masing, minimal sneakers juga sudah cukup untuk naik motor sehari-hari

  5. Protector

    Protektor berfungsi untuk menghindarkan cedera pada bagian tulang jika terjadi kecelakaan. Pengunaan protektor sebaiknya dilakukan secara lengkap, baik untuk tangan maupun kaki seperti elbow (siku) dan knee (lutut) protector.

  6. Sarung Tangan

    Fungsi sarung tangan dalam berkendara tidak hanya melindungi tangan dari sengatan matahari, sarung tangan juga berguna untuk melindungi tangan dari luka jika terjadi kecelakaan, sehingga pemiilihan sarung tangan sebaiknya diperhatikan pula, seperti fit ke tangan, berbahan kuat dan tidak licin agar proses memutar grip gas dapat berjalan lancar.

RELATED
NEWS